Gresini Racing di MotoGP 2024: Prioritaskan Marc Marquez Senyum Lebar Kembali di atas Motor

Suara Samarinda: Sporting Director Gresini Racing, Michele Masini, mengaku skuadnya sudah punya target awal sekalinya menaungi Marc Marquez di MotoGP 2024. Prioritasnya saat ini adalah membantu sang delapan kali juara dunia kembali bersenang-senang di atas motor, sehingga bisa kembali tersenyum lebar.

Selama empat tahun terakhir, Marquez memang kerap dilanda nestapa. Selain kerap cedera parah, ia juga harus menghadapi performa Honda yang terpuruk. Hal ini pun mendorongnya untuk pindah ke Ducati lewat Gresini Racing, di mana ia hanya terikat kontrak setahun.

Sporting Director Gresini Racing, Michele Masini (c) Gresini Racing

Menggaet Marquez tentu merupakan momen bersejarah bagi Gresini. Menurut Masini, semua ini adalah efek domino yang positif setelah skuadnya memilih memisahkan diri dari tim pabrikan Aprilia Racing pada akhir 2021, demi menjadi tim satelit Ducati bersama Enea Bastianini pada 2022.

“Kami menyambut seorang juara seperti Marc dengan rasa hormat yang tinggi. Ini jelas hasil dari pilihan-pilihan kami. Kami memutuskan lanjut dengan kru kami dari 2021, memilih Ducati, memilih Enea, meraih hasil baik dengan Enea, lalu memilih Alex Marquez,” kisah Masini via DAZN, Jumat (13/10/2023).

Pria Italia ini juga tak memungkiri rasa takjubnya mendapati rider sekaliber Marquez mau membela Gresini, yang berstatus tim independen dan tim satelit. Marquez bahkan menaruh rasa percaya kepada tim asal Faenza ini meski mereka hanya bisa menyediakan motor lama alias Desmosedici GP23.

“Ini salah satu pujian yang sangat saya hargai. Sudah jelas, dengan paket teknis Ducati yang bekerja dengan baik, kami sebagai tim yakin faktor manusia adalah bagian yang membuat perbedaan. Jadi, jika rider merasa didukung, maka ia akan mengerahkan segalanya di trek,” ungkap Masini.

Masini pun tak menyebutkan target hasil macam apa yang dipatok skuadnya untuk Marquez. Namun, yang pasti adalah, Gresini Racing ingin membuat Marquez kembali bersenang-senang di atas motor, dimulai dari tes pascamusim di Valencia, Spanyol, pada 28 November 2023 mendatang.

“Prioritas kami dengan Marc saat ini adalah… Kami masih diskusi apakah ia bisa ikut tes Valencia, tetapi pada kilometer-kilometer pertama nanti, prioritas kami adalah memberinya senyuman. Sisanya, kita lihat saja nanti. Di atas kertas, kami punya segalanya demi meraih hasil luar biasa,” tutup Masini.

Marquez dipastikan takkan memboyong seluruh krunya dari Repsol Honda ke Gresini Racing, dan diperkirakan hanya membawa satu mekanik, yakni Javier Ortiz. Ia juga akan berhenti bekerja dengan sang crew chief, Santi Hernandez, dan akan didampingi oleh Frankie Carchedi.

(Sumber: DAZN/bola.Net/ss)